Selasa, 13 Januari 2015

Motivasi Belajar



Motivasi Belajar

Apa itu motivasi belajar ?. Pasti banyak dari kita mendengar kata-kata itu, tetapi tidak tahu arti dan maksudnya untuk apa dan bagaimana melakukannya. Motivasi belajar terdiri dari dua buah kata yaitu motivasi dan belajar. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia kata motivasi ini berarti, dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu sedangkan kata belajar menurut kamus besar Bahasa Indonesia berarti berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berubah tingkah laku atau tanggapan yg disebabkan oleh pengalaman. Jadi, motivasi belajar yaitu sebuah bentuk dorongan yang timbul pada diri seseorang untuk memperoleh kepandaian atau ilmu dengan tujuan tertentu.



1.      Sebelum Berangkat ada baiknya berpamitan dulu dengan orang tua dan meminta doa restu
dengan berpamitan dulu dengan orang tua maka dalam perkuliahan kita akan merasakan ketenangan karena orang tua kita biasanya memberikan semangat kepada kita sebelum berangkat kuliah jadi kita bisa semangat dalam perkuliahan.

2.      Pastikan Kamu ingin mencapai cita-cita kamu
Setiap orang pasti memiliki cita-cita, untuk mewujudkan cita-cita tersebut tentunya kita perlu berusaha dengan sungguh-sungguh supaya cita-cita kita dapat tercapai.


3.      Manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik mungkin
terkadang di dalam perkuliahan waktu istirahat bisa sangatlah lama, terkadang pagi kita masuk beberapa jam lalu ada waktu istirahat dan kita masuk kembali pada sore hari. karena jeda waktu yang sangat lama, terkadang membuat kita ingin pulang. untuk mengisi kesenjangan tersebut isilah dengan kegiatan yang bermanfaat seperti belajar kelompok, dengan belajar kelompok kita bisa saling berbagi tentang pelajaran yang kita akan pelajar dan akan membuat kita semakin akrab dengan teman-teman kita


4.      Merekam Materi yang diberikan
Dengan semakin canggihnya gagdet, kita bisa memanfaatkan gadget kita untuk merekam materi yang diberikan oleh dosen kita, karena terkadang ada dosen yang cepat dalam memberikan penjelasan sehingga kita dapat mepelajarinya kembali hingga kita mengusai materi yang diberikan oleh dosen kita.



5.  Memiliki banyak Refensi Seperti Buku
dengan memiliki banyak referensi kita akan dengan mudah mempelajari materi yang akan diberikan oleh dosen, sehingga ketika dosen bertanya kita dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh dosen

Itulah beberapa tips dari saya supaya dapat meningkatkan motivasi di dalam belajar

Kesimpulan yang dapat diperoleh tentang motivasi belajar adalah motivasi belajar sebagai ukuran dari tujuan hidup dikemudian hari. Motivasi belajar ini didapat secara alamiah tanpa kita sadari kita mendapatkan suatu motivasi belajar. Motivasi ini sering didapat dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Keluarga selalu menjadi pandangan yang menjadikan kita termotivasi untuk belajar. Motivasi belajar ini mendorong untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat dan untuk menjadi sukses dimasa depan.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar